09 Desember 2016 00:20 wib

Menyikapi arahan Rektor UINSU, Prof. Dr. H. Saidurrahman, MAg untuk mengembangkan berbagai sarana peningkatan kualitas civitas skademika, maka PUSTIPADA membuka kesempatan kepada para dosen di lingkungan UINSU untuk memiliki sub-domain di bawah www.uinsu.ac.id

Kepala PUSTIPADA UINSU, Dr. M. Ridwan mengatakan bahwa layanan ini bertujuan untuk mendukung upaya melejitkan civitas akademis kampus UIN termuda ini.

"Layanan ini merupakan rangkaian dari pengembangan web resmi prodi dan fakultas yang telah dilatihkan beberapa bulan lalu. Ke depan, kami akan melakukan hal yang sama untuk tenaga kependidikan dan mahasiswa.

Untuk mendapatkan web dosen ini, dipersilahkan mendaftarkan nama di kantor PUSTIPADA setiap hari kerja. 

Ridwan melanjutkan bahwa keberadaan web dosen atau prodi harus didukung dengan keaktifan dosen, fakultas dan dosen untuk meng-update berbagai informasi terkini. Artinya, seluruh unit harus pro aktif menggunakan dan memanfaatkannya.

"Sampai saat ini, tim kami telah mendata persentase serapan aplikasi dan web di lingkungan UINSU. "Hasil Monev kami menemukan bahwa masih banyak konten web yang harus dimaksimalkan. Ini sangat diperlukan bagi publikasi dan pendukung akreditasi prodi yang bersangkutan," ujarnya.

Selain akreditasi, web prodi, fakultas, universitas atau dosen bertujuan menyabet perangkingan UINSU di dunia. Sampai saat ini yang sedang hangat dibicarakan oleh banyak insan pendidikan adalah perangkingan versi webometrics. Penilaian webometrics mengarah kepada penggunaan dan pemanfaatan sains dan teknologi yang ada di perguruan tinggi dunia melalui intermet.

Pelopor perangkingan universitas versi Webometrics ini adalah Cybermetrics Lab, sebuah group penelitian dari Centro de Información y Documentación (CINDOC), menggunakan empat kriteria untuk menentukan rangking sebuah universitas, yaitu: Visibility (V), Size (S), Rich Files (R) dan Scholar (Sc). Perumusannya adalah sebagai berikut : Formula diatas mengalami revisi pada Januari 2008 menjadi: Visibility (eksternal inlinks) = 50%, Size (web pages) = 20%, Rich Files = 15%, dan Scholar = 15%.

Untuk meningkatkan peringkat webometrics kuncinya adalah bagaimana universitas menyediakan konten (scientifik paper) yang dishare ke publik, diindeks di mesin pencari, dan sedikit kepintaran universitas memainkan Search Engine Optimization (SEO) untuk mengarahkan mesin pencari ke situs universitas.

Kebutuhan untuk meningkatkan ranking webometrics UINSU tersebut tidak dapat terpenuhi secara langsung mengingat berbagai keterbatasan yang ada. Berbagai standar internasional membutuhkan partisipasi, usaha dan tenaga seluruh dosen untuk menerapkan sistem yang ada. Recognition didunia internasional, terutama untuk hasil karya akademis seperti di google scholar dan research jurnal/international conference yang bertaraf tinggi, sangat diperlukan. Kesadaran untuk bersama-sama menjadi referensi pendidikan ditaraf nasional dan internasional sangat diharapkan.

Memperhatikan hal tersebut, UINSU menganggap perlu tersedianya weblog dimana para dosen, dan sivitas akademika dapat memasukkan konten yang berada dalam domain UINSU (www.uinsu.ac.id).

Ruang Lingkup Web Personal Dosen yang dikembangkan saat ini akan digunakan sebagai tempat penyimpanan file-file material dan publikasi ilmiah sivitas akademika sehingga dapat membantu kerapihan penyimpanan data hasil karya masing-masing individu. Serta dosen dapat memberikan informasi mengenai materi dan hasil karya yang telah dihasilkan, biografi dan riwayat pendidikan.

Ayo, jangan tunggu lagi. Segera daftarkan diri Anda.