PEMELIHARAAN JARINGAN

1. TUJUAN

Prosedur ini bertujuan untuk meningkatkan layanan konektifitas jaringan intranet dan internet untuk menunjang kegiatan akademik dan administratif di lingkungan UIN Sumatera Utara Medan.

2. RUANGLINGKUP

2.1  Penjadwalan pemeliharaanjaringan.

2.2  Pencatatan hasilpemeriksaan.

2.3  Perbaikanjaringan

3. DEFINISI

  1. Internet merupakan singkatan dari interconnected networking yang berarti jaringan komputer yang saling terhubung antara satu komputer dengan komputer yang lain yang membentuk sebuah jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga dapat saling berinteraksi, berkomunikasi, saling bertukar informasi atau tukar menukardata.
  2. Intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet, digunakan untuk berkomunikasi dan berbagi (tukar menukar) informasi dalam lingkup tertentu (terbatas), misalnya dalam lingkup sebuah kantor, sekolah, ataukampus.
  3. Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surat elektronik, pesan instan), dan dapat mengakses informasi (web). Setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut pelayan (server).
  4. Klien adalah bagian/unit yang memiliki perangkat jaringan dapat berupa komputer / router / access point (pemancar Wi-Fi) dan terhubung pada jaringankampus.

4.PENGGUNA

Pengguna SOP ini adalah :

  1. Unit / Bagian UIN SUMATERA UTARA MEDAN
  2. DevisiJaringan

5. PROSEDURKEGIATAN

  1. Staf teknis Divisi Jaringan membuat jadwal waktu pemeliharaan peralatan jaringan.
  2. Staf teknis Divisi Jaringan mengecek peralatan jaringan di klien sesuai jadwal waktu pemeliharaan peralatanjaringan.
  3. Staf teknis Divisi Jaringan mencatat hasil pekerjaan pemeliharaan layanan jaringan intenet bila terjadi masalah danpenangannanya.
  4. Staf teknis Divisi Jaringan mencatat hasil pekerjaan layanan jaringan bila kondisi peralatan jaringan masih berfungsi denganbaik.
  5. Staf teknis Divisi Jaringan melaporkan hasil pemeliharaan jaringan kepada pimpinan Pusat Teknologi Informasi dan PangkalanData.

6.  ALURKERJA

Alur kerja (Flowchart) Pemeliharaan Jaringan